Menampilkan peran serta dalam system politik Indonesia


KD. 6.3 Menampilkan peran serta dalam system politik Indonesia
Indikator :
1. Menguraikan bentuk-bentuk partisipasi politik
2. Menunjukkan perilaku politik yang sesuai dengan aturan
3.  Menunjukkan contoh peran serta dalam system politik di Indonesia

            1. Bentuk-bentuk partisipasi politik
-          Parisipasi politik aktif merupakan partisipasi seseorang yang memiliki kesadaran dan kepercayaan politik yang tinggi.
-          Partisipasi politik apatis merupakan partisipasi seseorang yang memiliki kesadaran dan kepercayaan politik yang rendah.
-          Partisipasi politik pasif merupakan partisipasi seseorang yang mempunyai kesadaran politik rendah tapi memiliki kepercayaan politik yang tinggi.
-          Partisipasi politik militant radikal merupakan partisipasi seseorang yang memiliki kesadaran politik yang tinggi tapi memiliki kepercayaan politik yang rendah.

2. Perilaku politik yang sesuai dengan aturan
-          Terbentuknya organisasi-organisasi politik maupun organisasi masyarakat sebagai bagian dari kegiatan sosial, sekaligus sebagai penyalur aspirasi rakyat yang ikut menentukan kebijakan Negara.
-          Lahirnya lembaga swadaya masyarakat (LSM) sebagai control sosial maupun sebagai imput terhadap kebijakan pemerintah.
-          Pelaksanaan pemilu yang memberikan kesempatan kepada warga Negara untuk dipilih atau memilih misalnya berkampanye, menjadi anggota perwakilan rakyat, menjadi pemilih aktif, menjadi calon presiden dan wakil presiden dsb.
-          Munculnya kelompok-kelompok kontenporer yang memberi warna pada system input dan output pada pemerintah misalnya, melalui unjuk rasa, petisi, protes, demonstrasi dsb.

3. Ikut pemilu
-          Ikut berpastisipasi dalam pemerintahan
-          Ikut rapat
-          Ikut demontstrasi
-          Ikut jajak pendapat
-          Ikut diskusi-diskusi politik dsb
Share on :
Menampilkan peran serta dalam system politik Indonesia
Menampilkan peran serta dalam system politik Indonesia
Reviewed by Anonymous
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment