Proses yang dilalui bakteri untuk masuk ke dalam tubuh

Proses yang dilalui bakteri untuk masuk ke dalam tubuh
1. Mycobacterium tuberculosis
Bakteri ini menyerang paru-paru sehingga terjadi TBC. Penularannya melalui udara, yaitu melalui pernapasan, karena percikan ludah saat bercakap-cakap, batuk, bersin, dank arena membuang dahak sembarangan.


2. Treponema pertunue penyebab penyakit patek (frambusia)
Penyakit ini dimulai dengan timbulnya luka yang bengkak pada tempat masuknya kuman, biasanya pada tungkai bawah. Luka ini akan sembuh tapi kemudian hari muncul benjolan pada muka, lengan, tungkai, dan bagian tubuh yang lain. Benjolan ini dapat menjadi luka, setelah bertahun-tahun dapat menyerang tulang kering atau tulang sekitar hidung. Akibatnya penderita akan mempunyai luka berlubang sampai tulang.



3. Yersinia pestis
Bakteri ini menyerang manusia dan binatang pengerat (rodentia) yang menyebabkan penyakit pes (sampar). Sumber infeksi adalah tikus liar dan binatang pengerat lainnya yang kebal terhadap penyakit ini, melalui gigitan kutu tikus dari jenis Xenopsylla cheopis. Sedangkan penularan dari manusia dapat melaui kutu manusia (Pulex iritans).

4. Clostrisdium tetani
Merupakan bakteri yang menghasilkan toksin yang sangat kuat, menyukai tempat-tempat luka yang kotor, dalam dan tidak terbuka sebagai tempat hidupnya. Masuk ke dalam tubuh melalui luka tusuk, luka iris yang dalam, dan kotor. Pada bayi, infeksi dapat melalui tali pusar  yang dipotong. Masa inkubasi antara 2-60 hari, menimbulkan gejala nyeri kepala, gelisah, dan kejang-kejang.


5. Neisseria Gonorheae
Bakteri ini menyerang saluran kemih yang menyebabkan seseorang kencing nanah. Infeksi melalui hubungan seksual, masa inkubasi antara 2-8 hari. Selain menyerang saluran kemih juga dapat menyebabkan paradangan pada organ lainnya, yaitu vagina, mata, persendian, selaput otak, tuba Fallopi.

6. Bakteri penyebab penyakit kolera, tipus, paratipus penyerang saluran pencernaan yang mudah menular. Penularannya melalui makanan dan minuman serta muntahan, kotoran penderita.
Sumber: Buku Penuntun BIOLOGI SMA kelas X (D.A. Pratiwi) Erlangga

Share on :
Proses yang dilalui bakteri untuk masuk ke dalam tubuh
Proses yang dilalui bakteri untuk masuk ke dalam tubuh
Reviewed by Rafi
Published :
Rating : 4.5

1 comment:

Post a Comment