Siklus Hidup Fasciola Hepatica

Siklus Hidup Fasciola Hepatica
Fasciola Hepatica bersifat hermafrodit. Setiap individu dapat menghasilkan kurang kebih 500.000 butir telur. Hati seekor domba dapat mengandung 200 ekor cacing atau lebih. Daur hidup cacing ini adalah sebagai berikut. Ketika memalui saluran empedu domba, telur masuk ke dalam usus hingga akhirnya bersama feses domba, telur dapat keluar ke alam bebas.
Pada tempat yang sesuai, telur yang fertile (telah dibuahi) akan menetas menjadi larva bersilia yang disebut mirasidium. Di alam mirasidium hanya dapat bertahan hidup sekitar 8 jam. Akan tetapi jika mirasidium ini masuk ke dalam tubuh Lymnae (siput) maka dalam waktu kurang lebih dua minggu larva ini akan berubah bentuk menjadi oval dan disebut sporokis.

Sporokis tidak bersilia, kemudian tumbuh dan akhirnya pecah menghasilkan larva kedua yang disebut redia. Redia masuk ke dalam jaringan siput. Di dalam tubuh siput redia akan tumbuh dan berkembang menghasilkan larva ketiga yang disebut serkaria. Serikaria memiliki bentuk seperti berudu dan dapat berenang bebas. Kemudian serkaria meninggalkan tubuh siput membentuk krista bila menemukan rumput atau tumbuhan air.
Jika krista ini termakan oleh hewan (misalnya domba) maka dalam saluran pencernaan, krista akan pecah dan keluarlah larva keempat yang disebut metaserkaria. Metaserkaria akan menembus dinding usus dan bersama aliran darah sampai ke hati domba. Di dalam hati domba, larva ini akan tumbuh menjadi cacing dewasa. Dan sikluspun berulang lagi.
Selain cacing hati yang hidup dalam domba seperti diuraikan di atas, ada pula anggota Trematoda yang menjadi parasit pada manusia. Misalnya, Clonorchis sinensis dan Ophiosthorchis sinensis. Daur hidup cacing ini melalui perantaraan ikan dan keong. Apa bila ikan atau keong yang mangandung cacing ini tidak di masak dengan sempurna dan dimakan orang maka orang itu dapat terinfeksi cacing ini.
Dari daur hidup cacing ini, kita dapat mengenal hospes (inang) tetap dan hospes (inang) perantara. Inang tetap merupakan tempat hidup cacing dewasa. Sedangkan inang perantara merupakan tempat hidup larva cacing.
Sumber: Buku Penuntun BIOLOGI SMA kelas X (D.A. Pratiwi) Erlangga

Share on :
Siklus Hidup Fasciola Hepatica
Siklus Hidup Fasciola Hepatica
Reviewed by Rahmat Firman
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment