Ciri-ciri Umum Vertebrata

Ciri-ciri Umum Vertebrata-Tubuh simetri bilateral, dengan pembagian tubuh terdiri atas: kepala, leher, badan dan ekor; meskipun ada yang tidak berleher dan tidak berekor. Memiliki susunan ruas tulang belakang (kolumna vertebralis) dan memiliki otak di dalam cranium (tulang tengkorak).

Tubuh simetri bilateral dengan system alat tubuh yang beruas-ruas. Mempunyai endoskeleton (rangka dalam) dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh. Pada kerangka melekat otot-otot kerangka. Kulit berlapis-lapis, terdiri atas epidermis (bagian kulit yang paling luar) dan dermis (kulit bagian dalam). Otak terletak di kepala terlindung tulang-tulang tengkorak. Mempunyai selom (rongga badan) yang dindingnya dilapisi selaput peritoneum. Semua anggota vertebrata mempunyia rahang dua pasang kecuali kelas Agnata (contoh: Cylostomata).

Sistem organ yang mendukung kehidupan vertebrata dapat dilihat pada table dibawah ini.
Sistem Organ
Keterangan
Sistem gerak
Mempunyai alat gerak aktif berupa otot dan memiliki anggota gerak berpasangan.
Peredaran darah
Jantung tumbuh baik, dengan ventrikel (ruang bilik) dan atrium (serambi), ada yang beruang dua, tiga atau empat.
Pencernaan makanan
Sistem pencernaan sempurna, memanjang dari mulut hingga anus di bawah tulang belakang. Pada umumnya mempunyai gigi, lidah dan mempunyai dua pasang rahang kecuali pada Agnata (Cylostomata). Terdapat hati dan pancreas.
Pernapasan
Insang untuk vertebrata yang hidup di air dan paru-paru bagi vertebrata yang hidup di darat.
Ekskresi
Dengan sepasang ginjal. Ada yang mempunyai kandung kemih.
Alat indera dan sistem syaraf
Mempunyai sistem syaraf pusat berupa otak dan sumsum tulang belakang. Pada umumnya mempunyai sepasang mata dan sepasang telinga dan mempunyai kelenjar hormone.
Reproduksi
Alat reproduksi berpasangan, kecuali pada Aves betina hanya ovarium kiri yang berfungsi dengan baik. Kelamin terpisah atau hermafrodit di stadium larva dan setelah dewasa sebagai hewan dicious. Fertilisasi eksternal atau internal. Ada yang ovipar, vivipara atau ovovivipar.

Sumber:Buku Penuntun BIOLOGI SMA kelas X (D.A. Pratiwi) Erlangga 
Share on :
Ciri-ciri Umum Vertebrata
Ciri-ciri Umum Vertebrata
Reviewed by Rafi
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment