Definisi Kepribadian

Definisi Kepribadian-Kepribadian menunjuk pada pengaturan sikap-sikap seseorang untuk berbuat, berfikir, dan merasakan. Khususnya apabila dia berhubungan dengan orang lain atau menanggapi suatu keadaan. Kepribadian mencakup kebiasaan, sikap, dan sifat yang dimiliki seseorang apabila berhubungan dengan orang lain. Beberapa definisi kepribadian menurut para ahli antara lain sebagai berikut.

1. M.A.W Brower
Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang.

2. Theodore R. Newcombe
Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap (predisposition) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

3. Yinger
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

4. Koentjaraningrat
Kepribadian adalah suatu susunan dari unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan tingkah laku atau tindakan seseorang.

5. Roucek dan Warren
Keperibadian adalah organisasi factor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku seseorang.

Dari pengertian yang diungkapkan para ahli diatas, dapat disimpulkan secara sederhana bahwa yang dimaksud kepribadian (personality) merupakan ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang, mencakup pola-pola pemikiran dan perasaan, konsep diri, perangai, dan mentalitas yang umumnya sejalan dengan kebiasaan umum.

Unsur-unsur Kepribadian
Susunan kepribadian meliputi hal-hal berikut.

1. Pengetahuan
Pengetahuan individu terisi dengan fantasi, pemahaman, dan konsep yang lahir dari pengamatan dan pengalaman mengenai bermacam-macam hal yang berbeda dalam lingkungan individu tersebut. Semua itu direkam dalam otak dan sedikit demi sedikit diungkapkan oleh individu tersebut dalam bentuk perilaku.

2. Perasaan
Perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang menghasilkan penilaian positif atau negatif terhadap sesuatu. Bentuk penilaian tersebut dipengaruhi oleh pengetahuannya. Oleh karena itu, perasaan selalu bersifat subjektif karena adanya unsur penilaian tadi yang bisa jadi berbeda dengan penilaian orang lain. Perasaan mengisi penuh kesadaran manusia setiap saat dalam hidupnya.

3. Dorongan Naluri
Dorongan naluri adalah kemauan yang sudah merupakan naluri pada setiap manusia. Sedikitnya ada tujuh macam dorongan naluri yaitu,
a. Dorongan untuk mempertahankan hidup.
b. Dorongan seksual.
c. Dorongan untuk mencari makanan.
d. Dorongan untuk bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia.
e. Dorongan untuk meniru tingkah laku sesamanya.
f. Dorongan untuk berbakti.
g. Dorongan akan keindahan bentuk, warna, suara, dan gerak. 
Share on :
Definisi Kepribadian
Definisi Kepribadian
Reviewed by Rafi
Published :
Rating : 4.5

2 comments:

anwar said...

mohon ijin ya kang mau ngambil artikelnya buat tugas....

Rafi said...

@anwar oke gan. sering-sering berkunjung yah....

Post a Comment