Tujuh Kelompok Bahan Pokok Makanan

Tujuh kelompok bahan pokok makanan-Tujuh kelompok bahan pokok makanan berdasarkan pola makan orang Indonesia adalah sebagai berikut.


a. Kelompok bahan makanan asal susu sebagai sumber makanan yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral terutama kalsium dan fosfor, serta terutama vitamin A, B1, dan B2. Contoh produk susu adalah susu, keju, dan yoghurt.

b. Kelompok daging sebagai sumber protein hewani, misalnya ikan, unggas, telur dan daging ternak.

c. Kelompok beras sebagai sumber karbohidrat dan vitamin B. Misalnya padi, jagung, sagu, gandum, tepung tapioka, tepung maizena dari jagung.

d. Kelompok minyak sebagai sumber zal lemak dan vitamin A. Misalnya, margarin yang terbuat dari minyak tumbuhan seperti kelapa, kelapa sawit, minyak kedelai, minyak biji kapas, biji bunga matahari, kacang tanah, dan mentega yang terbuat dari lemak susu.

e. Kelompok sayur-sayuran hijau dan kuning sebagai sumber vitamin A, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya.

f. Kelompok buah-buahan berwarna dan berair sebagai sumber vitamin A dan mineral.

g. Kelompok kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati, sumber vitamin A, dan mineral. Misalnya taoge, tahu, tempe, tauco, kecap, dan susu kedelai.


Penggolongan pangan menurut FAO (Food Agriculture Organization) yang dikenal sebagai Desirable Dietary Pattern (PPH = Pola Pangan Harapan) ada Sembilan macam, yaitu padi-padian, umbi-umbian, sayur dan buah-buahan, bumbu (rempah-rempah), gula, pangan hewani, minyak dan lemak, buah atau biji berminyak, dan kacang-kacangan (Tirtawinata 2006).
Share on :
Tujuh Kelompok Bahan Pokok Makanan
Tujuh Kelompok Bahan Pokok Makanan
Reviewed by Rahmat Firman
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment