Keutamaan Sedekah

Sedekah berasal dari kata Sadhaqoh dalam bahasa Arab yang artinya adalah suatu bentuk pemberian dari seorang muslim kepada orang lain yang secara tiba-tiba dan sukarela yang tidak mengenal jumlah dan waktu yang dilakukan karena semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT. Salah satu ayat di dalam Alquran yaitu surah Al-Baqarah ayat 277 yang memerintahkan kita untuk bersedekah.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Keutamaan Bersedekah

Sedekah dapat menghapus dosa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api" (HR. Tirmidzi, shahih)

Orang bersedekah mendapat naungan di hari akhir
Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam menceritakan tentang 7 golongan manusia yang mendapat naungan di hari akhir. salah satunya adalah: "seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya" (HR. Bukhari)

Sedekah memberikan keberkahan harta dan memperlancar rezeki
Allah Ta'al berfirman: "Hai anak Adam, bersedekahlah karena pasti akan dicukupkan (diberikan) nafkah (rezeki) atasmu." (HR. Bukhari & Muslim).
Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam bersabda: "harta tidak akan berkurang dengan sedekah.... (HR. Bukhari)

Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
Allah Ta'al berfirman: "sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahal yang banyak." (Qs. Al Hadid: 18)

Terdapat pintu surga khusu bagi orang yang bersedekah
"....jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR. Bukhari & Muslim)

Sedekah dapat menjadi obat
Rasulullah bersabda: "...Obatilah penyakitmu dengan sedekah....." (HR. Imam Thabrani & Imam Baihaki)

Dan masih banyak lagi keutamaan sedekah yang lainnya. Nah, mumpung masih ada waktu tinggal beberapa hari ramadhan akan meningglakan kita, makanya bagi yang mau sedekah monggo buruan, yang masih belum kepikiran buat sedekah, semoga Allah memberikan kelapangan rezeki kepadanya agar dapat bersedekah juga. Aminnn. Minal Aidin Wal Fadzin. Mohon Ma'af Lahir dan Batin
Share on :
Keutamaan Sedekah
Keutamaan Sedekah
Reviewed by Rafi
Published :
Rating : 4.5

2 comments:

Zal said...

nice info

Rafi said...

@Rizal Zulfachri Thanks bro. smoga kita bisa lebih rajin lagi sedkhnya d bulan suci rmadhan ini.

Post a Comment